Sabtu, 18 April 2015

CINDUA MATO JADI RAJO

KISAH MINANGKABAU
EPISODE CINDUA MATO JADI RAJO

Setelah terbunuhnya TIANG BUNGKUK maka perang ber akhir, IMBANG JAYO melarikan diri menuju KANDIS konon ia mengabdi kepada raja SINTONG di KERAJAAN KWANTUNG ( raja cina ) yang menguasai kawasan ranah melayu, dan kemudian CINDUA MATO yang berhasil mengalahkan TIANG BUNGKUK di angkat menjadi raja di SUNGAI NGIANG.

dan kemudian ia menikahi putri RAJA MUDA adik dari PUTRI BUNGSU yaitu PUTRI RENO BULAN, dan ia pun kemudian di angkat menggantikan RAJA MUDA menjadi raja di RANAH SIKALAWI setelah meninggalnya raja muda. cukup lama juga ia berada di kawasan timur dan kemudian ia kembali ke pagaruyung membawa putri RENO BULAN dan lahirlah seorang putra yang ia beri nama SUTAN LENGGANG ALAM. dan di sebabkan RAJA DANG TUANKU tidak ada di pagaruyung dan setelah mendapatkan titah untuk menggantikannya menjadi raja di PGARUYUNG.

dengan telah menjadi raja di tiga buah kerajaan CINDUA MATO kemudian menyatukan ke tiga kerajaan itu di bawah naungan panji kerajaan pagaruyung. sehingga nama kerajaan pagaruyung menjadi makin masyur dan terkenal.

tentu saja ini juga karena bantuan dari saudara - saudaranya seperti DATUK KATUMANGGUNGAN, DATUK PERPATIH NAN SEBATANG, ORANG GADANG DI BATIPUH, MAKHUDUM di sumanik.

di bawah ke pemimpinan cindua mato kerajaan pagaruyung menjadi sebuah kerajaan yang besar dan aman, banyak bermunculan kerajaan kerajaan kecil di daerah pantai barat suamtera yang kemudian menyatakan takluk di bawah pemerintahan pagaruyung, sementara datuk perpatih dan datuk katumanggungan lebih banyak mengatur tata pemerintahan dan adat.

kerajaan KWANTUNG ( kerajaan bangsa cina di tanah melayu mulai mengembangkan kebudayaannya dengan mendirikan tempat tempat ibadah mereka yaitu candi candi, salah satunya candi MUARA TAKUS.