Selasa, 20 Oktober 2015

KERAJAAN MALAYU - MO LO YEU

KERAJAAN PERSEKUTUAN MALAYU


Disaat DARATAN mulai tersintak NAIK dan LAUTAN tersintak TURUN, maka berkembanglah masyarakat baru di tanah sumatera daratan LUAS MEMBENTANG, gunung - gunung membentuk pulau - pulau baru, hutan yang rimbun gelap mulai di terokai... hewan hewan pun mulai menyebar turun dari gunung - gunung yang tinggi menuju lembah - lembah hijau,
beranak pinak berkembang biak, begitu juga dengan manusia yang kian hari kian banyak, hidup berkelompok dan berkoloni, melahirkan kerajaan - kerajaan baru.


rakyat yang berkelompok dan berbangsa bangsa itu hidup mendiami kawasan - kawasan yang subur makmur, mereka menyebar berdagang dengan perahu besar dan kapal - kapal mereka yang berlayar tinggi lebar. berpindah dari satu tempat ke tempat lain, malajukan kapal - kapal mereka mengarungi samudera luas, samudera tiada bertuan

tanah pusaka atlantis yang hilang telah menciptakan lautan biru luas membentang, pulau pulau pagar dari atlantis kembali muncul. dan di arungi oleh bangsa baru yang bernama MALADJU atau MALAJU yang kemudian kita sebut suku bangsa MALAYU.

MASA ITU ABAD KE 3 MASEHI. telah muncul dan berkembang beberapa kerajaan kuat dan kaya di tanah sumatera sebagai tanah pertama yang di jumpai oleh para penduduk atlantis yang menyelamatkan diri dari bencana ZAMAN ES, dan di teruskan dengan bencana BANJIR NABI NUH dimana ES ES yang menutupi permukaan bumi mulai mencair dan meleleh menjadikan volume air laut menjadi bertambah dan meluas menutupi banyak daratan, maka bangsa atlantis yang tersisa dari LETUSAN GUNUNG - GUNUNG PURBA yang dahsyat masa itu mengungsi ke daratan asia yang tinggi. dan setelah air laut mulai menyusut kembalilah mereka mengiringi raja - raja yang mereka ikuti.

KERAJAAN KANDIS adalah awal kembalinya penduduk atlantis dengan SRI MAHARJA DIRAJA dan anaknya yang kemudian ia nobatkan menjadi raja pertama di kandis bergelar SRI MAHARAJA  TUNGGAL membangun kembali ke jayaan atlantis, sementara ayahnya terus menuju selatan mencari istana nya yang dulu di tinggalkannya, namun rupanya air laut belumlah lagi surut betul. sehingga raja merapat di sebuah gunung berapi yang dulu bernama MAHAMERU kini MARAPI. mendirikan sebuah kerajaan bernama PASUMAYAM KOTO BATU yang kemudian berganti nama menjadi PARIANGAN.
SRI MAHARAJA DIRAJA yang berpermaisuri PUTI INDO JELITO melahirkan anak bernama DATUK TUMENGGUNG dan setelah sri maharaja diraja meninggal puti indo jelito di ambil isteri oleh patihnya yang ebrgelar CATERI BILANG PANDAI / CATI BILANG PANDAI dan melahirkan anak DATUK PERPATIH NAN SEBATANG dan adik adiknya.

maka lahirlah di sana kerajaan - kerajaan baru, seperti BUNGO SETANGKAI, DUSUN TUO

kemudian dari ADIK SRI MAHARAJA DIRAJA yang bergelar SURI DIRAJA anak beliau juga mendirikan kerajaan baru bernama KERAJAAN BATU PATAH, dengan gelar SUTAN NUN ALAM

kerajaan kerajaan baru yang muncul dan berkembang pesat hingga abad ke 3 masehi adalah daripada keturunan SRI MAHARAJA DI RAJA, SURI DIRAJA, CATI BILANG PANDAI dan keturunan dari TUMENGGUNG DAN PERPATIH

kerajaan KANDIS pun kemudian di kalahkan oleh kerajaan KWANTUNG / KAN TON, keturunan raja SRI MAHARAJA TUNGGAL yang menajadi bawahan KERAJAAN KWANTUNG kemudian mengganti nama kandis dengan MINANGA TAMWAN dan hijrah meninggalkan kandis mencari daerah baru yang lebih dekat dengan leluhur nya, 

dan kerajaan kandis kemudian di perintah raja baru ber agama budha yang kemudian memindahkan ibu kota kerajaan ke hilir kemudian lebih di kenal dengan kerajaan KUNTALA ATAU KANTOLI dimana lokasi nya di daerah KUALA TUNGKAL sekarang. 
sebabnya karena daratan sudah mulai meluas.

di sanalah mulai hidup berbagaai agama, ras dan suku bangsa, suku bangsa KUNTALA adalah percampuran bangsa melayu dan cina yang lebih kuat dalam agama budha dan hindu.
sementara kerajaan kerajaan dari dinasti sri maharaja diraja lebih banyak ber agama islam. dan kemudian membentuk persekutuan KERAJAAN MELAYU.