Selasa, 15 September 2015

SEJARAH DAN KISAH MINANGKABAU - BAGAIMANA KERAJAAN KWANTUNG TIBA DI KANDIS

SEJARAH DAN KISAH MINANGKABAU
BAGAIMANA KERAJAAN KWANTUNG MENGUASAI KANDIS

demi kita mengetahui masa masa dimana sebuah peradaban berubah oleh kejadian - kejadian alam yang tidak terbaca dan terpikir oleh nalar kita, hanya keyakinan lah yang membantu meluruskan dan menemukan garis waktu yang terputus atau hilang.

demi sebuah peradaban maju dan jaya pada masa jauh sebelum kita kenal adanya tahun masehi, sebuah peradaban manusia yang telah mencapai tingkat teknologi tinggi yang mengalahkan garis akal manusia itu sendiri, PERADABAN ATLANTIS. yang kemudian hilang lenyap dengan kejadian alam yang begitu mengguncang dunia, dengan meletusnya gunung - gunung PURBA yang sangat dahsyat, dimana menyebabkan sebagian bumi berselimut ES dan setelah sekian lama kurun waktu akhirnya es itu meleleh dan mencair yang kita kenal sebagai JAMAN GLETSER atau es mencair,

dan demi waktu yang terus bergulir, peradaban yang kita kenal sebagai MANUSIA PURBA mulai berjalan. dimana mereka berdatangan dari BENOA - BENOA di daratan ASIA dan INDIA serta AFRIKA begitu juga AUSTRALIA.

banyak kita kenal ras - ras yang berdatangan dalam jumlah besar menuju kawasan NUSANTARA ini yang seperti di pimpin oleh ras - ras MONGOL  dan yang paling banyak adalah dari daratan cina.

seperti kita ketahui bersama agama budha mulai memasuki kawasan daratan cina di Jaman Dinasti Han Tahun 206 SM -220 M.
Pada tahun 64 M Agama Budha dari India masuk ke negeri Cina, dibawa oleh orang-orang India lewat jalan darat di Asia Tengah. 
Pada tahun 100 M. Agama Budha oleh Kaisar Han Wu Ti dijadikan “agama negara” atau “agama resmi” di negeri Cina. Keadaan Agama Budha demikian itu berlangsung sampai akhir jaman Dinasti Tang (Th. 618 – 906 M).

sebuah kerajaan besar muncul di kawasan PULAU PERCA yang bernama kerajaan KANDIS dan rajanya waktu itu bernama SRI MAHARAJA TUNGGAL yang merupakan anak pertama dari SRI MAHARAJA DIRAJA yang menjadi RAJA DI MERAPI. atau kita kenal juga sebagai KERAJAAN PASUMAYAM KOTO BATU yang merupakan CIKAL BAKAL dari SEJARAH MINANGKABAU. memimpin kemajuan sebuah peradaban baru pada masa itu. dan ramai orang mempercayai bahwa mereka adalah PENERUS dari sebauh GENERASI yang hilang yaitu ATLANTIS.

dan mendengar kemajuan dan kekayaan alam KERAJAAN KANDIS masa itu, yang terkenal akan EMAS dan hasil bumi lainnya menyebabkan KERAJAAN CINA meluaskan wilayahnya.

Tahun 100 – 200 M :

Negeri Cina Meluaskan Ekspansinya ke Nusantara. Jaman Akhir D1nasti Han Th. 206 SM – 220 M. Negeri Cina mulai mengembangkan ekspansi penjajahannya ke kawasan kepulauan Nusantara. berpangkalan di Kwan Tung (= Kanton) yang sekaligus dijadikan pusat bandar dan pelabuhan perdagangan di Cina Selatan. Dikirimkan ekspedisi-ekspedisi kapal dagang, kapal perang dan perampok-perampok, bajak-laut Cina ke Formusa (Taiwan), daerah-daerah Filipina ke daerah Kalimantan sebelah Utara, Laut Cina Selatan,Teluk Siam, Kalimantan Barat, Semenan­jung Malaya sampai masuk ke Selat Malaka. Sementara orang Cina ada yang menyasar terdampar ke daerah Minahasa di Sulawesi Utara.
Di tempat-tempat pelabuhan dagang ekspedisi-ekspedisi Cina itu menurunkan orang-orang Cina untuk menetap di sana sebagai pedagang. Mereka bertinggal dalam perkampungan-perkampungan Cina yang disebut pecinan. Banyak barang-barang hasil perdagangan dan hasil perampokan atau perampasan bajak-laut Cina mengalir ke Kwan Tung (Kanton) yang di waktu sebelum itu hanya menjadi pusat penampung perdagangan transit saja.
Bahan dan barang perdagangan itu dari Kwan Tang (Kanton) masuk ke pedalaman negeri Cina dan sebagian dari Peking diperdagang kan ke negeri-negeri di Asia Tengah sampai ke negeri-negeri di wilayah Rumawi melalui jalan darat (Jalan Sutera) di Asia Tengah.